Perhatikan hal ini sebelum membeli tanah kavling

Tanah merupakan sumber penghidupan bagi manusia. Manusia tak akan bisa hidup tanpa adanya tanah. Tanah diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari- hari. Jika kalian ingin membeli tanah untuk dibuat sebagai tempat berdirinya rumah. Maka berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli tanah kavling:

  1. Lokasi. Pilihlah lokasi dimana anda ingin tinggal dan sesuai selera. Sebisa mungkin dekat dengan kantor / tempat bekerja anda. Itu akan menghemat pengeluaran uang transportasi.
  2. Lingkungan sekitar. Kenali lingkungan sekitar lokasi kavling. Lihatlah lingkungan desa/area itu. Apakah lingkungan itu baik dan aman menurut warga sekitar. Hindari tanah yang dekat dengan tegangan listrik tinggi (sutet) jalur pipa gas dll. Perkembangan lingkungan sekitar juga harus diperhatikan. Jangan sampai kita sudah membangun rumah tetapi tidak ada tetangga kavling. Pastikan lokasi tersebut aman dari gangguan dan bencana.
  3. Fasilitas Pendukung. Pastikan lokasi kavling dekat dengan fasilitas pendukung seperti masjid, pasar / toko, pusat pendidikan, fasilitas kesehatan dan fasilitas lainnya.
  4.  Akses Jalan, listrik, air. Perhatikan akses jalan, jaringan listrik, air. Apakah lebar jalan sudah sesuai dengan yang anda inginkan?. Pilihlah lebar jalan yang bisa dilalui 2 mobil. Tersedianya akses tersebut akan memudahkan kita nanti saat membangun rumah.
  5. Kemiringan dan kestabilan tanah. Pilihlah tanah yang landai agar lebih mudah dalam membangun tanah. Jika tanah miring maka akan ada tambahan biaya untuk meratakan tanah tersebut. Jika tanah tersebut terbentuk dari bahan yang labil seperti tanah gambut makan akan diperlukan tambahan biaya untuk membuat tanah itu stabil dengan mengurug dengan tanah yang lebih kuat.
  6. Luas tanah. Perhatikan luas tanah yang akan dibeli. Apakah sudah sesuai dengan luas yang diinginkan.
  7.  Ketahui asal usul tanah. Jika kalian akan membeli tanah pastikan asal usul tanah. Jangan beli tanah bekas kuburan, tempat pembuangan sampah. Walaupun tidak berdampak langsung pada anda, usahakan jangan dibeli walaupun diiming-imingi harga yang murah.
  8. Kelengkapan surat tanah (legalitas). Periksa surat tanah tersebut apakah masih berbentuk alas hak atau sudah sertifikat?. Itu juga akan berakibat pada harga tanah. Pastikan tanah tersebut tidak dalam sengketa.
  9. Harga. Harga merupakan hal yang wajib jadi pertimbangan dalam hal membeli tanah. Sesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Apakah dengan harga yang ditawarkan sudah termasuk biaya lain-lain seperti biaya balik nama, biaya BPHTB dll.