Mengatasi Lingkar Hitam Pada Mata

Mata-pandaMata merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang paling diperhatikan, terutama oleh kaum hawa. Bagaimana jika disekitar mata terdapa lingkar hitam? Apakah anda sendiri pernah mengalaminya?. Lingkar Hitam Di Sekitar Mata ini membuat anda terlihat lebih gelap, dan mata akan kelihatan lebih dalam atau cekung. Dan ini akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Apalagi pada saat itu mereka diharuskan untuk berpenampilan menarik saat itu seperti pada saat pesta, kencan dan acara formal lainnya. Mereka akan disebut sebagai “mata panda”.

Menurut beberapa penelitian ada beberapa hal memicu timbulnya “mata panda” antara lain:

1. Kurang tidur

Kurang tidur akan menyebabkan kulit tampak lebih pucat yang menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih terlihat melalui kulit. Itu menyebabkan penampilan lingkaran biru dan gelap.

2. Penuaan

Faktor umur juga dapat memicu timbulnya lingkar hitam pada mata. Saat usia bertambah, kulit lama-kelamaan kehilangan sel-sel kolagen, sehingga kulit menipis dan urat pun menonjol.

3. Dehidrasi / kurang minum

Dehidrasi juga menyebabkan terjadinya mata panda
4. Genetika

Faktor genetika / keturunan dalam keluarga juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya lingkar hitam pada mata

5. Alergi Hormon Histamine

Alergi pelepasan hormon histamine dalam tubuh juga menyebabkan sebagian orang memiliki lingkaran gelap pada mata. Histamine menyebabkan peradangan dan pembengkakan di pembuluh darah.

Itulah beberapa penyebab terjadinya lingkar hitam pada mata. Untuk mengatasinya ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Cukupi kebutuhan tubuh anda akan cairan, minum sedikitnya 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi.

  2. Usahakan tidur minimal 8 jam sehari. Kurang tidur menyebabkan mata Anda lelah sehingga memicu terbentuknya kantong hitam di bawah mata.

  3. Perhatikan asupan makanan. Jika kantong mata hitam disebabkan oleh anemia maka Anda sebaiknya minum suplemen penambah darah yang mengandung zat besi, vitamin B6 dan B12. Selain itu pilihlah makan yang bergizi. Zat besi dapat diperoleh dari konsumsi buah dan sayur. Perbanyak juga asupan buah-buahan berjenis berry, gandum utuh, jeruk dan seafood. Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin K dan asam folic dapat mencerahkan kulit.

  4. Rendamlah kantong teh yang sudah dipakai dalam air dingin kemudian kompreskan ke area di bawah mata. Cara ini diyakini efektif menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata.

  5. Kompres mata menggunakan irisan mentimun. Ambil dua irisan tipis mentimun dan letakkan pada kelopak mata Anda. Cara ini diyakini dapat menghilangkan bengkak dan memberikan efek dingin pada mata.

  6. Haluskan daun mint kemudian oleskan ke area di bawah mata dan biarkan selama 20 menit.

  7. Gunakan masker kentang untuk mengurangi warna hitam di area bawah mata. kentang mengandung enzim catecholase yang dapat membantu menyamarkan lingkar mata yang menghitam. Potong kentang yang sudah didinginkan dan bentuk sesuai dengan bentuk lingkaran bawah mata. Tempelkan potongan kentang tersebut di area bawah mata sekitar 20 menit.

  8. sebelum menjelang waktu tidur gunakan masker atau krim khusus yang sangat kaya dengan Vitamin A, Vitamin E, serta memiliki kandungan bio peptide yang sbaik untuk merangsang pertumbuhan kolagen alami. Hasil yang didapat adalah kulit sangat kencang, cerah dan juga terbebas dari kerutan halus.

Itulah beberapa tips mengatasi lingkar pada mata. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk itulah kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan dengan tidur minimal 8 jam per hari dan minum 8 gelas per hari agar terhindar dari “mata panda”.