Memanfaatkan map GPS garmin untuk berwisata

GPS GarminBerlibur ke suatu tujuan wisata memang sangat menyenangkan. Apalagi disaat sepekan menghabiskan waktu untuk bekerja yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Tentu tak jarang kita lupa atau bahkan tidak tahu arah tempat wisata. Nah bagi kita yang mempunyai smartphone yang sudah terintegrasi GPS, kita bisa menggunakannya untuk memandu jalan kita. Tapi perlu diingat bahwa kebanyakan GPS yang disematkan pada smartphone kita hanya A-GPS (Asissted GPS) yang berarti bahwa memerlukan paket data (koneksi internet) untuk dapat mengetahui lokasi kita. Dan biasanya yang sering saya alami, perbedaan antara lokasi yang ditunjukan GPS dan lokasi kita berdiri yang sebenarnya lumayan jauh.

Maka dari itu apabila kita mempunyai GPS navigasi yang berbentuk handheld seperti garmin : garmin gpsmap60C sx, garmin 76csx Oregon 550, gpsmap 62s, gpsmap 78s atau produk lainnya, kita bisa memanfaatkannya. GPS navigasi tersebut lebih teliti daripada smartphone. karena ketelitian bisa +- 3 meter dari koordinat yang sebenarnya. Kita juga bisa melakukan tracking, mencari rute, menandai suatu lokasi dengan alat tersebut. Nah jika kita sudah merencanakan dimana akan menghabiskan waktu liburan kita tak ada salahnya kita gunakan panduan jalan dari GPS receiver kita. Walaupun kadang tak tepat menunjukkan jalan yang sebenarnya, GPS navigasi ini cukup layak untuk menjadi teman perjalanan kita.

Yang jadi masalah adalah pada GPS navigasi kita tidak dilengkapi peta yang lengkap, khususnya Indonesia. Untuk itu kita bisa menggunakan peta yang dibuat oleh pihak ketiga yaitu dari navigasi.net. Peta dari navigasi.net menurutku adalah yang paling lengkap untuk wilayah indonesia.

berikut ini beberapa step /langkah memanfaatkan GPS navigasi garmin untuk perjalanan kita.

  1. beberapa paket penjualan GPS handheld tidak dilengkapi dengan memori eksternal seperti micro SD. Maka belilah memori (biasanya micro SD) minimal 2 GB
  2. Buka http://navigasi.net/goptd.php dari komputer dan klik pada tulisan mendownload. setelah itu akan muncul pop up link download
  3. Pilih link di mediafire / CBTP.co.id (IIX) sesuai dengan merk GPS kita yaitu garmin. Download file[navnet_Garmin_v240-NT.exe]  tersebut. (240 adalah peta sesuai versi yang terbaru saat saya download) Untuk mendownload file ini diusahakan menggunakan jaringan yang stabil dan cepat
  4. Buka file yang sudah didownload dan install. pada saat install kita centang pada pilihan Create Garmin map (GMAPPSUPP.IMG) . Karena file inilah nanti yang akan kita gunakan di GPSinstall map garmin
  5. Setelah selesai install, Buka windows explorer dan menuju ke [c:\MyMaps\navigasi\v240]
  6. Cari file yang bernama gmapsupp.img dan copy file tersebut ke micro SD. Peletakan file harus di folder Garmin. misal e:/Garmin/ gmapsupp.img. Jika didalam micro SD tidak ada folder Garmin, kita bisa membuat folder sendiri dengan nama Garmin.
  7. Masukkan micro SD tersebut ke dalam GPS navigasi kita. Didalam Peta yang disediakan navigasi.net itu sudah lumayan lengkap baik jalan maupun tempat penting. Selain itu tempat wisata juga sudah banyak yang dicantumkan.

Peta navigasi Indonesia terbaru sudah siap untuk dipakai di GPS Garmin kita. Dan jangan terlalu percaya pada rute yang ditawarkan oleh GPS. Bisa saja kemungkinan salah untuk menuju objek yang di rekomendasikan oleh GPS. Selamat berwisata..

Itulah beberapa tips memanfaatkan map GPS garmin untuk berwisata. Jangan lupa klik like fans page pamungkaz.net.