Wisata Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terkenal memiliki banyak wisata pantai yang sangat indah. salah satunya adalah Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan nama Green Canyon. Terletak di desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, dan berada disepanjang sungai Cijulang, sekitar 31 km dari Pangandaran.

Disebut Cukang Taneuh, karena ditengah sungai tersebut terdapat sebuah jembatan dari tanah selebar 3 meter dengan panjang sekitar 40 meter. Desa Batu Karas dan Desa Kertayasa, kedua desa tersebut yang dihubungkan oleh jembatan tersebut.di kedua desa ini pun terdapat pantai yang indah, Pantai Batukaras di Desa Batukaras, terkenal sebagai kawasan berselancar air (water surfing).

green canyon pangandaran

Nama Green Canyon sendiri dikarenakan dasar sungai akan terlihat berwarna hijau disaat musim kemarau, namun ada yang mengatakan bahwa nama ini berasal dari 2 orang wisatawan asal Prancis dan Swiss, Frank dan Astrid tahun 1990. Keindahan aliran sungai sepanjang Cijulang sangat menakjubkan dan begitu istimewa,karena memanjang dan membelah kawasan ngarai yang strukturnya begitu mengagumkan, mirip sekali dengan obyek wisata Grand Canyon di Colorado, Amerika.

Menuju tempat wisata Green Canyon Pangandaran, kita harus menaiki perahu dari dermaga Ciseuruh, menyusuri keindahan sungai selama kurang lebih 15 menit hingga sampai pada titik pertama. Setelah melewati “lorong’ sungai sampai pada lokasi deretan batu karang yang sangat indah dengan hiasan Stalaktit dan stalagmite yang menakjubkan

Pada titik inilah perjalanan dengan perahu berakhir dan dilanjutkan berenang (body rafting green canyon) hingga ke hulu sungai Dari sinilah sebenarnya kita dapat menikmati keindahan Green Canyon Indonesia yang sesungguhnya. Dan ketika kita berenang, kita akan melewati panorama tebing berbatu yang dihiasi stalaktit dan stalagmit yang luarbiasa! setelah sampai di hulu kita akan disambut oleh air terjun Palatar yang sangat mempesona.

green canyon indonesia

Anda sebaiknya memilih waktu saat musim kemarau bila ingin wisata ke Green Canyon ,karena pada musim tersebut air sungai akan sangat jernih dan berwarna hijau tosca. Sebaliknya jangan berkunjung pada musim hujan, karena sungai meluap dan berwarna keruh. Anda sebaiknya menyediakan dana tunai yang cukup, karena ATM atau Bank terdekat hanya ada di Pangandaran.

Tempat wisata ini bisa dicapai dengan mudah,dan tujuan pertama adalah Pangandaran, bisa dengan kendaraan umum maupun pribadi. Bila dari Jakarta atau Bandung, anda bisa mengikuti arah Jawa Tengah dengan melalui Tasikmalaya – Ciamis – Banjar dan menuju Arah Pangandaran. Bila Anda dari arah Jawa Timur atau Jawa Tengah, anda harus ambil arah Purworejo – Kebumen – Wangon – Majenang – Banjar dan menuju arah Pangandaran. Dari Pangandaran ke Green Canyon bisa naik kendaraan umum atau kendaraan sewaan baik motor atau mobil.

Tiket Perahu Rp.125.000,-

  • kapasitas 1 perahu isi maks 6 orang,
  • balita terhitung 1 orang
  • buka setiap hari jam 08.00-17.00 WIB
  • hari jum`at buka mulai jam 13.00 WIB

Penginapan

Di Pangandaran banyak tersedia hotel-hotel,atau bisa juga langsung menginap di pantai Batukaras yang lokasinya dekat dengan Green Canyon. Banyak pilihan penginapan dan harganya pun bervariasi, mulai dari kelas melati sampai hotel kelas berbintang.

paling banyak dicari disini:
  • dasar green canyon