Tips Mudah Mencegah Jerawat Secara Alami

Wajah adalah salah satu aset utama yang paling penting dari setiap orang dalam berpenampilan. Tetapi pada wajah seringkali muncul berbagai masalah, sehingga membuat penampilannya terlihat tidak cantik lagi seperti yang diharapkan, salah satunya adalah masalah yang cukup umum terjadi yakni jerawat.

Jerawat adalah gangguan akibat tindakan hormon dan zat-zat lainnya pada kelenjar minyak (kelenjar sebaceous) kulit dan folikel rambut. Faktor-faktor ini menyebabkan pori-pori membesar dan wabah lesi yang sering disebut jerawat atau zits. jerawat biasanya terjadi pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu. Jika anada mempunyai pori yang besar bisa baca artikel tentang cara mengecilkan pori pori dengan tomat. Meskipun jerawat biasanya tidak merupakan ancaman serius terhadap kesehatan, itu dapat menjadi sumber tekanan emosional yang signifikan. Jerawat parah dapat menyebabkan jaringan parut permanen.

Jerawat adalah masalah yang pada sebagian orang mengganggapnya sebagai hal yang sepele, tetapi bagi sebagian orang lainnya, jerawat ini merupakan masalah yang cukup memprihatinkan dan sangat serius.

mencegah jerawat secara alami

mencegah jerawat secara alami

Faktor-faktor yang dapat membuat jerawat lebih buruk

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan jerawat semkin memburuk

  • Peningkatan tingkat hormon pada gadis-gadis remaja dan wanita dewasa 2 hingga 7 hari sebelum periode menstruasi mereka dimulai
  • minyak dari produk kulit (pelembab atau kosmetik) atau lemak yang ditemui dalam lingkungan kerja (misalnya, dapur dengan goreng Tong)
  • tekanan dari peralatan atau helm olahraga, ransel, kerah ketat atau seragam olahraga ketat
  • iritasi lingkungan, seperti polusi dan kelembaban yang tinggi
  • menggosok keras pada kulit
  • stres.

Untuk itulah tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mencari cara mencegah datangnya jerawat yang paling ampuh dan juga paling cepat. Anda ingin tahu seperti apa caranya? Simak saja artikel berikut ini dari tim pamungkaz.net.

Tips mencegah timbulnya jerawat secara alami

Sebenarnya mencegah jerawat ini tidak pelru sampai pergi kedokter kulit atau pun kedokter kecantikan, kecuali apabila Anda ingin mengobati masalah jerawat.  Sebab ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah datangnya jerawat ini bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan memanfaatkan beberapa bahan alami.

Olahraga dan Minum Air Putih

lari olahraga ringan yang dapat membantu mengurangi jerawat

lari olahraga ringan yang dapat membantu mengurangi jerawat

Salah satu caranya adalah dengan rutin berolahraga, dimana secara umum olahraga ini jika dilakukan secara rutin dan teratur ternyata cukup ampuh dalam mencegah tumbuhnya jerawat diwajah, bahkan bukan hanya itu saja, Anda pun juga bisa mengkonsumsi air putuh secara rutin dalam setiap harinya juga dianggap lebih efektif dalam menghambat timbulnya jerawat diwajah.

minum air putih 8 gelas perhari

minum air putih 8 gelas perhari

Mengapa demikian? Sebab dengan berolahraga dan juga meminum air putih ini, mempu menekan kadar racun serta zat yang kurang baik, termasuk dengan lemak jahat yang ada didalam tubuh, sehingga menjadikan metabolisme tubuh Anda menjadi lebih lancar serta proses regenerasi sel termasuk dikulit akan menjad lebih baik.

Konsumsi Buah yang Mengandung Vitamin C

konsumsi buah sumber vitamnin C

konsumsi buah sumber vitamnin C

Selain hal tersebut, cara lain untuk mencegah timbulnya jerawat diwajah adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan, seperti apel, pisang, dan juga semangka. Karena  buah-buahan yang segar tersebut banyak sekali mengandung vitamin C yang baik untuk kulit. Tak hanya bisa langsung dikonsumsi, Anda juga bisa menggunakan buah-buahan tersebut sebagai masker wajah.

Demikianlah ulasan yang dapat kami informasikan tentang cara mudah mencegah timbulnya jerawat, semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya ya!.