Tips mencegah mabuk perjalanan

Pernahkah kalian mual, pusing atau bahkan muntah dalam perjalanan baik perjalanan darat, laut maupun udara? Tidak mengenakkan bukan? Nah mabuk perjalanan bahasa kedokterannya dikenal dengan istilah motion sickness atau travel sickness merupakan gangguan yang sering dialami mereka yang berpergian dengan kapal laut, pesawat udara dan mobil. Gejala ini terjadi akibat adanya goncangan pada saat perjalanan. Goncangan ini akan merangsang pusat keseimbangan di telinga tengah sehingga menyebabkan gejala gejala mabuk perjalanan. Sampai saat ini belum diketahui mengapa seseorang mudah/tidak mudah mengalami mabuk perjalanan.

Jika kalian saat ini rentan mengalami mabuk perjalanan, berikut beberapa tips mencegahnya dikutip dari wikihow.com:

  1. Cari tahu penyebab mabuk perjalanan kita. penyebab mabuk perjalanan adalah Anda merasakan perbedaan antara apa yang Anda lihat (seperti di dalam mobil, otak memberitahu bahwa Anda dalam keadaan duduk ) dan apa yang Anda rasakan (sedangkan sistem vestibular, yang merupakan indra keseimbangan dari telinga, memberitahu otak Anda bahwa Anda sedang bergerak). Konflik antara apa yang Anda lihat dan apa yang Anda rasakan memicu produksi neurotransmitter, sehingga tubuh Anda mencoba untuk membersihkan diri dari apa pun yang menyebabkan kondisi membingungkan.
  2. Memandang kejauhan. Memandang pemandangan yang ada dapat mengkonfirmasi sistem keseimbangan bahwa Anda sedang gerak dan membantu mengatasi ketimpangan yang menyebabkan mabuk perjalanan.
  3. Pilih tempat yang stabil.  Saat di mobil, anda dapat duduk di bangku depan. Mobil cenderung kurang bergelombang di depan. Saat menumpang kapal laut, naiklah ke atas deck dan pandang pergerakan horison. Jika di pesawat terbang, duduklah di dekat jendela lalu pandang keluar dan ambilah posisi duduk yang dekat dengan sayap yang mana pergerakan pesawat minimal pada daerah itu.
  4. Tutup mata atau tidur jika dimungkinkan. Jika mata kita tertutup, Kita tidak melihat apa-apa, dan yang menghilangkan penyebab mabuk. Selain itu, tidur dapat menghilangkan pikiran kita dari rasa pusing saat perjalanan.
  5. Membuka jendela. Jika kita naik mobil kita bisa buka jendela. Banyak orang berpendapat bahwa bau segar, sejuk membantu membuat mereka merasa lebih baik dan mengurangi rasa mual. Selain itu  bau tertentu dapat membuat mereka merasa lebih buruk (seperti penyegar udara mobil, parfum, asap, dan makanan).
  6. Istirahat. Istirahat dan keluar dari mobil untuk meregangkan kaki kita. Duduk di bangku atau di bawah pohon dan mengambil beberapa napas dalam-dalam melalui mulut kita, bernapas dalam-dalam dari perut Anda untuk membantu rileks. Hal ini khususnya penting selama perjalanan jarak jauh jalan yang berkelok kelok.
  7. Mencegah rasa mual. Mual adalah gejala yang paling sering dialami, untuk itu ambil tindakan pencegahan. Jahe adalah obat klasik karena efek yang dikenal luas sebagai antiemetic (mencegah mual). Perlu diingat,  bahwa banyak obat yang biasanya efektif terhadap mual mungkin tidak bekerja terhadap mual yang disebabkan oleh mabuk. Bisa juga dengan memakan permen jahe, peppermint, dll
  8. Minumlah obat pencegah mabuk perjalanan sebelum anda berpergian.
  9. Jangan membaca pada saat perjalanan.  Membaca membuat pandangan mata Anda berpindah-pindah, tidak terpaku pada satu titik. Pada saat yang sama, tubuh Anda merasakan dan merespon gerakan-gerakan kendaraan Anda. Akibatnya, terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak Anda. Daripada membaca, Anda lebih baik mendengarkan suara musik yang  membantu Anda rileks dan melupakan kecemasan Anda.
  10. Jauhi orang yang sedang mabuk. Dekat dengan orang yang mabuk perjalanan, akan memicu kita ikut muntah.
  11. Hubungi dokter jika masalah mabuk perjalanan ini sudah sangat menganggu anda.

Itulah beberapa tips untuk mencegah mabuk perjalanan. Semoga perjalanan kita menyenangkan tanpa dihantui mabuk perjalanan.

paling banyak dicari disini:
  • Cara agar tidak muntah di mobil
  • cara mencegah mabok mobil saat di jalan berbelok belok
  • wiki how mencegah mabuk perjalanan
  • cara biar ga muntah dimobil dalam perjalanan
  • cara biar gak muntah