Tips membedakan Iphone asli dan palsu

Iphone, Smartphone besutan Apple ini memang tak diragukan lagi kualitasnya. Harganya pun memang lumayan menguras kantong. Tak salah jika beberapa perusahaan cina memanfaatkan situasi tersebut dengan membuat Iphone palsu alias Iphone KW Grade A+ yang memang kalau dilihat secara sekilas smartphone ini tak ada bedanya dengan Iphone yang asli. Untuk itu beberapa ulasan bagaimana cara membedakan iphone asli dan palsu disajikan pada tulisan berikut:

iphone asli palsu

Dilihat dari Fisik

Untuk seorang yang biasa ataupun pernah memegang dan mengoperasikan Iphone tentu tidak akan mudah tertipu oleh iphone palsu. tetapi untuk yang awam masalah ini, kita bisa melihat bentuk fisik dari iphone itu. Pada bagian baterai IPhone khususnya IPhone 2G, 3G/3GS sangat susah dicopot. Berbeda dengan IPhone tiruan yang mudah dilepas layaknya ponel pada umumnya. Terlebih dengan ditambah baterai cadangan hehe..

Secara dimensi, IPhone tiruan nyaris sama dengan IPhone asli. Ketebalan berbeda hanya 1 mili saja. Tetapi kita bisa melihat perbedaan dari layar touchscreen. IPhone asli akan terasa lebih keras dibandingkan dengan IPhone tiruan yang menggunakan bahan plastik sehingga terasa empuk.

Cara lain yang paling mudah adalah dengan mengecek bentuk dan ukuran simcard. Simcard yang dipakai oleh IPhone 4 dan IPhone 4S menggunakan microsim card. Sedangkan Iphone 5 menggunakan nanosim card yang bentuk dan ukurannya jauh lebih kecil dari microsim card. jadi kalau ada IPhone 4/4S dan 5 yang menggunakan Simcard berukuran biasa yang dipakai kebanyakan maka  dipastikan ponsel tersebut palsu. Apalagi dengan dual sim card. Emang Apple pernah membuat produk Iphone menggunakan dual sim card apa?

Dilihat dari Software

Jika tidak ada perbedaan secara fisik yang terlihat pada IPhone tersebut. Kita bisa melihat dari sisi software. IPhone asli menggunakan iOS. Sedangkan IPhone tiruan menngunakan OS android atau tidak menggunakan OS. Icon IPhone berbeda dengan icon lain. Tetapi ada android yang sudah dimodifikasi icon iconnya sehingga sangat mirip dengan icon IPhone. Jika itu terjadi maka salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan bantuan software.

Software yang paling mudah digunakan adalah iTunes yang dapat didownload di situs resminya. Setelah terinstal serta tersambung iPhone terkoneksi dengan komputer, Itunes akan mendeteksi secara lengkap, mulai dari model, besar kapasitas penyimpanan, warna dan serial number. Jika tidak dapat terdeteksi maka dipastikan iPhone tersebut palsu.

kita juga bisa mngecek langsung ke webnya apple.com untuk memeriksa apakah asli atau tidak dengan memasukkan serial number https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do. jika masih baru maka akan semua terdeteksi termasuk masa dan sisa waktu garansinya.

Namun sekarang sudah banyak handphone Android yang memang desain luarnya mirip dengan iPhone namun mereka menggunakan brand sendiri. Salah satunya adalah Coolpad. Untuk mengetahui tentang spesifikasi dan harga coolpad bisa baca di blog unofficialnya di http://coolpadphone.com

Itulah sedikit tips bagaimana cara membedakan iPhone asli atau palsu. semoga dengan tulisan ini diharapkan kita bisa memilih mana iPhone asli dan palsu.

paling banyak dicari disini:
  • cara membedakan iphone asli dan palsu secara fisik
  • cara membedakan iphone 5 asli dan palsu secara fisik
  • apakah ada iphone dual sim
  • perbedaan iphone 4 dan 4s fisik