Tempat Wisata Demak Jawa Tengah

Demak salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki julukan Kota Wali. Ya memang di Kota ini ada makam salah satu walisongo yaitu Sunan kalijogo. Selain Wisata religi di Kota ini juga terdapat pantai dan tempat wisata menarik lainnya. Apa saja Obyek wisata di Demak? berikut daftar beberapa tempat wisata yang ada di Demak :
Makam Sunan Kalijaga
makam-sunan-kalijaga
Sunan Kalijaga yang merupakan salah satu wali penyebar agam Islam di Tanah Jawa ini dimakamkan di Jl. R. Sahid Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, sekitar 1,5 Km dari Masjid Agung Demak menuju arah tenggara. Makam Sunan Kalijaga ini akan banyak dikunjungi peziarah pada saat malam Jumat Kliwon. Ditempat ini pula pada tanggal 10 Zulkijah dilaksanakan penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga.
Masjid Agung Demak
masjid agung demak
Masjid Agung Demak ini adalah masjid tertua di Pulau Jawa. Masjid Agung Demak ini meruapakan ikon / landmark kabupaten demak. Terletak di Jalan Raden Patah yaitu terletak persis di barat alun alun Kota Demak. Masjid ini dibangun oleh para Wali Songo pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Sultan Patah sekitar abad 15 Masehi. Secara arsitektural salah satu keistimewaannya adalah bentuk atapnya limas piramida bertingkat tiga yang menjadi khas bentuk masjid di Jawa, ini menunjukkan akidah islamiyah yaitu iman, Islam dan ihsan. Memiliki empat soko guru yang salah satunya konon dibuat dari tatal.
 
Pantai Morosari
pantai morosari

Pantai Morosari berada di wilayah Kecamatan Sayung Kabupaten Demak yang berbatasan dengan Kota Semarang. Pantai Morosari merupakan tempat rekreasi baru yang dibuka pada tanggal 19 Januari 2006. Terdapat berbagai fasilitas fasilitas wahana permainan  yang layak untuk dicoba seperti Parasailing, Kayak, Canoe, Dragon Boat, Water Bike, dan Jetsky. Dan jika kalian mengajak anak anak biasanya akan senang bermain Dragon Boat, atau Water Bike. Selain itu kita juga bisa bermain air atau pasir bersama keluarga.

Jika kita berkunjung ke pantai morosari pada sore hari kita bisa menikmati indahnya sunset atau matahari tenggelam. Harga Tiket MAsuk ke pantai Morosari pun sangat terjangkau hanya Rp. 2000,- saja. Cukup Murah Bukan?

Pada kawasan yang memiliki lahan kurang lebih seluas 5 Ha ini dibangun beberapa sarana-sarana pendukung dengan disain bangunan yang bernuansa etnik / tradisional menggunakan atap alang-alang, seperti kebanyakan pada bangunan bangunan objek wisata yang ada di Pulau Bali pada umumnya.
Bangunan-bangunan fasilitas tersebut antara lain berupa :
– Bangunan Sea Food Restaurant berkapasitas 75 orang
– Bangunan Kantor Pengelola dan Counter Water Sport
– Bangunan Mushola berkapasitas 40 orang
– Bangunan Food Court / Tradisional Food berkapasitas 14 Gerobak Pedagang
– Bangunan Bale Bengong / Gazebo
– Bangunan Public Toilet beserta Bale Bengong
– Lahan parkir kendaraan roda empat dan roda dua yang luas.Fasilitas-fasilitas lain yang dimiliki oleh Morosari Marine Recreation ini berupa Permainan Olah Raga Air / Water Sport, yaitu :
– 3 Buah Jetski Yamaha Wave Runner 700 cc berkapasitas 3 orang
– 1 Buah Banana Boat berkapasitas 5 orang
– 1 Buah Dragon Boat berkapasitas 20 orang
– 2 Buah Speed Boat berkapasitas 8 orang
– 6 Buah Sepeda Air Paus, Bebek, Anjing Laut
– 5 Buah Perahu Kayak Double
– 4 Buah Perahu Canoe Single
Selain 3 Obyek wisata diatas, Terdapat juga makam Raja- Raja dahulu diantaranya Raden Patah, Pangeran Trenggono, Arya Penangsang dan Syekh Maulana Maghribi yang berada di sebelah utara Masjid Agung Demak.
Untuk wisata kuliner di Demak kita bisa mencicipi Sengkulun, snack khas Kabupaten Demak yang dibuat dari bahan tepung ketan, santan kanil, gula pasir, garam dan pewarna. Dan juga menikmati manisnya Belimbing & Jambu Delima, buah belimbing yang besar dengan rasa yang manis dan segar merupakan buah khas Demak yang terdiri dari tiga jenis yaitu : Kapur, Kunir dan Jingga.
paling banyak dicari disini:
  • tiket masuk polaris demak
  • Taman Air Polaris Kabupaten Demak Jawa Tengah 59571
  • Taman Air Polaris Kabupaten Demak Jawa Tengah
  • pantai sayung
  • wisata makam raden patah