Wisata ke Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Museum Dirgantara yang berada di Yogyakarta merupakan salah satu dari sekian banyak museum yang ada di kota pelajar ini. Dilihat dari namanya saja Museum Dirgantara Mandala TNI-AU kita sudah dapat membayangkan apa saja benda benda yang akan kita jumpai di museum ini. Ya, kita akan menemukan sejumlah benda sejarah tentang kedirgantaraan nusantara.

museum-dirgantara

museum dirgantara

Museum Dirgantara ini merupakan tempat wisata di Jogja yang bisa ditempuh dengan menggunakan bus transjogja 1A atau 1B. Turun di shelter Janti dan kemudian bisa berjalan kaki atau naik becak sekitar 500 meter. Sebelum masuk ke bangunan utama museum dirgantara, kita akan melihat beberapa koleksi pesawat tempur dan helikopter yang berada di samping bangunan utama.

Setelah masuk ke bangunan utama museum dirgantara yang berwarna biru ini, kita akan disapa oleh empat patung tokoh TNI-AU yaitu Marsekal Muda Anumerta Abdul Halim Perdanakusuma, Mersekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto, Marsekal Muda Anumerta Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, dan Marsekal Muda Anumerta Iswahjudi yang terbuat dari perunggu. Keempat tokoh ini merupakan pahlawan nasional.

Dilihat dari depan museum ini terlihat sempit, namun setelah masuk kita akan menyadari bahwa museum ini luas. Ruangan museum ini bersekat sekat. Pada ruangan utama kita akan melihat foto-foto Kepala Staf Angkatan Udara dari yang pertama sampai pada periode sekarang dengan dengan beberapa deskripsi di bawahnya.

Ruangan lain yaitu diantaranya memamerkan foto foto sejarah yang berkaitan dengan angkatan udara Indonesia, Berbagai Seragam TNI AU dari zaman dahulu sampai sekarang, Kepangkatan TNI AU, Diorama tentang pertempuran melawan penjajah, dan yang paling menarik yaitu hanggar alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) dengan puluhan jenis pesawat udara, helicopter dan senjata seperti peluncur roket. Ada sekitar 36 koleksi mulai dari pemburu P-51 Mustang, bomber B-25 buatan USA, beberapa jenis MIG, Helikopter Sikorsky UH-34D, pesawat angkut Dakota VT-CLA, sampai pesawat Jetstar yang dibeli Soekarno dari perusahaan Lockheed, USA, sewaktu menjadi presiden dulu. Beberapa pesawat dapat di tumpangi dan kita bisa bergaya ala pilot pesawat tempur. Keren bukan!

Selain koleksi diatas, saat berkunjung ke museum ini, kami dengan rombongan teman kuliah diperbolehkan menonton di bioskop mini yang memutar film tentang Tim Akrobatik Udara yang ada di Indonesia yaitu Jupiter. Untuk tiket masuk wisata museum dirgantara ini kita hanya dipungut sebesar Rp. 3000 saja. Murah kan!

Untuk itu segera ajak keluarga terutama anak anak kita mengenali dunia dirgantara Indonesia dengan mengunjungi salah satu wisata yang ada di Yogyakarta ini, Museum Dirgantara Mandala.

paling banyak dicari disini:
  • museum dirgantara
  • museum dirgantara jogja
  • museum dirgantara yogyakarta
  • musium dirgantara yogyakarta
  • musium dir