Menikmati Indahnya Pasir Putih Pantai Indrayanti Yogyakarta

Koordinat Pantai indrayanti : 8°9’1.22″ S dan 110°36’44.1″ E

Gunungkidul, salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik. Salah  satu tempat wisata di Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti. Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul dan masih merupakan kawasan Pantai Sundak. Dan dapat ditempuh 2-3 jam dari kota Yogyakarta.

Sebenarnya nama Indrayanti bukanlah nama resmi pantai tersebut. Nama Indrayanti diambil dari salah satu pemilik dan pengelola kafe dan restoran yang paling terkenal yang berada dikawasan tersebut. Pemilik kafe tersebut adalah Pak Indra dan Bu Yanti. Dan Nama Indrayanti itu terpampang dipapan nama cafe dan restoran tersebut. Sehingga banyak warga yang menyebut pantai tersebut dengan pantai Indrayanti. Nama resmi yang diberikan oleh Pemerintah tersebut sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal.

Pantai Indrayanti mempunyai pemandangan yang berbeda dibanding dengan pantai lain yang ada di Sekitarnya. Pantai dengan panjang kurang lebih 500 meter ini berpasir putih nan halus. Terdapat juga batu karang yang akan membuat suasana lebih eksotis.Ada satu yang menarik dari tempat tersebut yakni pengunjung akan dikenakan denda Rp. 10.000 jika membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukan agar pantai tetap bersih indah, dan bebas dari sampah sehingga tetap nyaman untuk dikunjungi.

Selain menikmati pemandangan yang sangat indah, Pengunjung dapat bermain main pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Setelah lelah bermain air dan pasir di pantai ini, kita bisa istirahat sejenak di gazebo gazebo yang terbuat dari kayu yang berada di sepanjang bibir pantai sambil menikmati segarnya kelapa muda yang telah disediakan kafe kafe disekitar lokasi. Selain itu kita juga bisaduduk dan bercengkerama bersama teman ditepi pantai dengan menyewa payung besar yang akan melindungi kita dari terpaan matahari.

Di sebelah timur, ada sebuah bukit yang dapat wisatawan kunjungi dengan cara memanjat karang serta menerobos semak-semak karena memang disana tidak ada jalan. Ini cukup mengasyikkan. Hanya saja, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati. Dari atas bukit, terlihat pemandangan yang sangat indah. Dari sana, para pengunjung dapat menikmati indahnya Samudera Hindia dari atas bukit. Bukit ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati indahnya sunset.

jika kita berkunjung pada malam hari kita bisa menikmati sunset dilanjutkan dengan makan malam yang romatis di kafe dan resto di daerah tersebut ditemani suara ombak. Gazebo gazebo akan terlihat menarik karena dihisai oleh kerlip sinar lampu.  Sajian yang disediakan adalah hidangan laut yang lezat. Namun ada juga menu lain seperti ayam goreng dan ayam bakar bagi yang alergi seafood. Untuk harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal yaitu antara Rp. 10.000 samap Rp 100.000 tergantung dari menu yang dipesan.

Jika ingin bermalam disana, kita bisa menyewa cottage yang ada disekitar tepi pantai Indrayanti dengan tarif Rp. 300.000 – Rp. 650.000 permalam. Saat ini terdapat 7 cottage yang mungkin akan berkembang lebih banyak lagi.

Map / Peta Pantai Pulang Syawal / Indrayanti


View Pantai Indrayanti in a larger map

Foto dan video Pantai Indrayanti:

pantai indrayabti jogjapantai indrayanti pantai-indrayanti1pantai-indrayanti

paling banyak dicari disini:
  • pantai indrayanti pasir putih
  • pantai indrayanti jateng
  • spesifikasi pantai indrayanti