Keliling Kota Solo dengan Bis Tingkat Werkudara

Koordinat : 7°33’19″S   110°48’33″E

Di salah satu kota di Jawa Tengah, yaitu tepatnya di Solo ada sebuah bis wisata. Tak seperti bis pada umumnya. Bis yang dinamakan Werkudara ini mempunyai dua tingkat atau istilah kerennya : double decker. Wah kayak di film film barat aja ya. Bus tingkat ini memang dioperasikan khusus sebagai salah satu tujuan wisata. Dengan warna merah dan tinggi sekitar 4.5 meter membuat bis wekudara ini seperti bis tingkat yang sering kita jumpai di luar negeri. Bis werkudara ini hanya beroperasi pada hari sabtu, minggu dan pada hari libur.

bis tingkat solo werkudara

Bis tingkat ini mempunyai rute pergi yang akan melewati
Kantor Dinas Perhubungan Manahan – Jl Adi Sucipto – Perempatan Manahan (tugu wisnu) – Jl Ahmad Yani – Kerten – Jl Slamet Riyadi – Gendengan – Ngapeman – Pasar Pon – Gladag – Jl Jenderal Sudirman – Jl Urip Sumoharjo – Jl Kol. Sutarto – Jl Ir Sutami – Jurug (Kebun Bintang Taman Jurug)

dan rute pulang bis ini adalah

Jurug (Kebun Bintang Taman Jurug) – Jl Ir Sutami – Jl Kol. Sutarto – Jl Urip Sumoharjo – Jl Jend. Sudirman – Gladag – PGS – Sangkrah – Jl Kapten Mulyadi – Baturono –  Jl Veteran – Tipes – Jl Bayangkara – Baron – Jl Dr Rajiman – Jl Perintis Kemerdekaan – Purwosari – Jl Slamet Riyadi – Kerten – Jl Ahmad Yani – Kantor Dinas Perhubungan Manahan.

Poll bis ini ada di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta yang berada di Jalan Menteri Supono no. 7 Manahan. Disaat kita naik bis ini, kita bisa melihat kota Solo dari dekat. Dan bis ini akan berhenti di beberapa tempat seperti kebun binatang Jurug selama 15 menit.  Kita bisa istirahat meregangkan kaki, atau berfoto ria. Dan selama perjalanan kita akan bergantian tempat duduknya. Jika kita awalnya duduk dibawah kita akan bergantian duduk diatas. Itu dilakukan agar semua penumpang merasakan semua duduk diatas.

Untuk mengelilingi kota Solo dengan Bus Werkudara ini, penumpang dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk sekali jalan selama kurang lebih 2,5 Jam.  Selain itu bis ini juga dapat disewakan kepada wisatawan yang ingin berkeliling Solo. Lokasi yang bisa dituju, antara lain Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan dan sejumlah tempat lainnya. Bus tingkat dapat mengantar wisatawan sesuai keinginannya seharga Rp. 800.000 per 3 jam dengan biaya overtime  Rp. 250.000,- per jam dan bis dengan . Penyewa juga dapat meminta bus berhenti di tempat-tempat tertentu selama lokasinya memungkinkan.

Cara Pembelian Tiket Bis Werkudara:

Jadwal bus ini ada 2 kali yaitu jam 09.00-11.00 dan 12.00-14.00 WIB . Bis ini akan beroperasi dengan minimal 20 orang penumpang. Untuk itu Calon Penumpang dapat membeli tiket di tempat yang sudah disediakan yaitu di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta atau bisa mengubungi contact person Indri 085642005156 atau Sandi 085229790462. Selamat menikmati jalan Kota Solo. Dan tipsnya adalah pesan sehari sebelumnya agar tidak kehabisan tiket.

Peta Rute bis werkudara bisa dilihat di gambar ini

paling banyak dicari disini:
  • jadwal bus tingkat solo
  • jadwal bus werkudara solo
  • jadwal keberangkatan bus werkudara
  • jadwal bus werkudara solo 2017
  • jadwal bus werkudara