Jenis Kamera Digital Yang Ada Saat Ini

Seperti yang kita ketahui, Kamera digital adalah sebuah perangkat yang dapat merekam gambar dan menyimpan langsung atau mentransfernya ke device lain dalam bentuk digital. Gambar yang dihasilkan bisa berupa gambar diam ataupun gambar bergerak seperti film / video. Sebelum memilih sebuah kamera, kebanyakan orang akan bertanya, apa sih kamera digital yang bagus?. Jenis kamera digital mana sih yang sesuai kebutuhan?. Untuk itulah kita harus tahu jenis jenis kamera digital yang ada saat ini

1. Compact Digital Camera

pocket-camera

Compact Digital Camera atau yang biasa disebut kamera saku aka kamera pocket karena bentuknya yang kompak dan bisa dimasukkan kedalam saku. Kamera ini juga kadang disebut point and shoot camera karena kepraktisannya yang kita hanya membidik dan menjepret gambar yang kita inginkan tanpa perlu setting manual yang ribet. Kamera pocket biasanya easy to use dan relative murah. Cocok untuk pemula dan dibawa saat travelling dan juga untuk kebutuhan harian yang ingin memiliki kamera yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Walaupun sekarang banyak juga tersedia smartphone yang memiliki kualitas kamera yang lebih bagus dari kamera pocket. Berbagai merk dan tipe yang telah ada saat ini adalah Nikon Coolpix L27, Sony DSC-W730 dsb.

2. Bridge Compact Digital Camera

bridge-camera

Biasa disebut juga bridge camera, atau advanced Compact camera. Jenis kamera ini merupakan level yang lebih tinggi daripada kamera pocket. Perbedaanya dengan kamera saku adalah Bridge camera ini tidak full otomatis, pengguna bisa mensetting secara manual exposure / Lensa kamera bridge ini tidak bisa digonta ganti layaknya kamera DSLR. Biasanya bentuk dan ukurannya lebih besar daripada kamera pocket. Contoh jenis kamera ini adalah Fujifilm Finepix S4600, Canon PowerShot G15 dsb.

3. Kamera Mirrorless.

kamera-mirrorless

Sesuai dengan namanya kamera mirrorless (Mirrorless interchangeable lens camera) ini tidak mempunyai cermin (mirror) itulah yang menjadi perbedaan dengan kamera DSLR. Sistem cermin yang ada di kamera DSLR digunakan untuk optical viewfinder. Sehingga kamera mirrorless tidak mempunyai fitur tersebut. Kamera ini hanya mengandalkan digital viewfinder (Layar LCD / LED) untuk mengetahui obyek yang kita bidik. Itulah yang menyebabkan mirrorless camera ini ukurannya lebih kecil dari DSLR. Selain itu juga lensa kamera ini bisa diganti ganti. Pengaturan kamera ini layaknya DSLR yang bisa diatur full manual ataupun otomatis. Kualitas foto yang dihasilkan sama dengan DSLR. Contoh kamera mirroless adalah Canon EOS-MB1, Samsung NX1000 dll.

4. Kamera DSLR

kamera-DSLR

DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera ini ukurannya lebih besar daripada kamera saku / pocket. Dengan pengaturan yang bisa kita pilih otomastis ataupun full manual membuat kita akan lebih leluasa mensetting dalam mengambil gambar. Perbedaan yang paling mencolok dengan kamera pocket adalah pada ukuran sensor gambar. DSLR memiliki ukuran senor gambar yang lebih besar sehingga akan membuat kuliatas gambar lebih bagus. Contoh kamera DSLR adalah Canon EOS 600D, Nikon D3100 dll.
Sedangkan Jenis Kamera DSLR  ada beberapa seperti , Consumer Level DSLR yang biasa digunakan konsumen, Semi Pro DSLR, dan Professional DSLR (gambar yang dihasilkan 40 – 80 MP).

5. Action Camera / Sport Camera

Saat ini lagi tren action cam. kalian pasti sudah pernah dengar GoPro. Ya, itu adalah salah satu jenis kamera digital kecil yang tak kalah menarik untuk dipunyai. Dengan bentuk yang mungil serta kualitas gambar yang dihasilkan cukup bagus saya rasa kamera ini cukup layak untuk dipertimbangkan. Beberapa kamera ini dapat dihubungkan dengan Smartphone android sehingga menjadi salah satu kelebihan. Selain GoPro beberapa pabrikan di China juga memproduksi action Camera ini seperti Xiaomi Yi dan Kogan Action Camera.

Itulah beberapa Jenis kamera digital yang ada dipasaran saat ini. Selain  4 kamera digital diatas ada juga berbagai kamera lain seperti kamera mini yang bentuknya mungil, IP camera, CCTV camera,  spy cam dengan berbagai bentuk seperti kacamata, pena dll,

paling banyak dicari disini:
  • jenis kamera
  • jenis jenis kamera
  • jenis jenis kamera digital
  • jenis kamera digital
  • jenis-jenis kamera