Coklat Monggo : Dari Jogja Rasa Belgia

Category : Tujuan Wisata, Wisata Belanja, Wisata Kuliner, Yogyakarta
Coklat Monggo : Dari Jogja Rasa Belgiaby pamungkazon.Coklat Monggo : Dari Jogja Rasa BelgiaCoklat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Yogyakarta. Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia mempunyai banyak spot oleh oleh. Seperti bakpia pathuk, Salak pondoh. tetapi ada salah satu spot oleh oleh baru yang ada di Jogja yaitu Coklat Monggo. Tak disangka […]

Coklat Monggo (Chocolate Monggo) merupakan salah satu oleh oleh baru yang wajib dibeli jika berkunjung ke Yogyakarta. Jogja yang merupakan salah satu tujuan wisata yang ada di Indonesia mempunyai banyak spot oleh oleh. Seperti bakpia pathuk, Salak pondoh. tetapi ada salah satu spot oleh oleh baru yang ada di Jogja yaitu Coklat Monggo.

Tak disangka kota yang masih mengusung tradisi daerah ini terdapat pabrik pembuatan cokelat rasa eropa yang bernama Coklat Monggo. Coklat bergaya Swiss ini diproduksi di Kota Gede, Yogyakarta. Dan sekarang ini coklat monggo mempunyai 2 showroom yaitu di Kota Gede dan yang terbaru di Tirtodipuran

Sejarah Coklat Monggo

Thierry Detournay, Turis asal belgia yang sedang berwisata di Jogja kecewa saat melihat hasil produk coklat yang ada di toko toko. pria yang memang suka dengan coklat ini  memutuskan untuk membuat sebuah produk coklat yang kemudian diberikan kepada teman-temannya yang ada di Indonesia.

Respon yang positif dari temannya membuat pria ini membut lebih banyak lagi dan mencoba dijajakan di daeah UGM dengan vespa tua warna pinknya. Itu dilakukannya hanya untuk kesenangan saja. Nah pada tahun 2005, ide untuk membuka toko akhirnya terlaksana dengan membuat sebuah perusahaan “Anugrah Mulia”. Ia bersama tim kecilnya membuat sebuah produk coklat bernama cacaomania yang ditujukan kalangan muda.

Nama cacaomania dirasa terlalu umum sehingga pada suatu sore mereka mencoba mengganti nama dan akhirnya menemukan kata “monggo”. kata “monggo” adalah sebuah kata dalam bahasa jawa yang berarti “silahkan”. Biasanya orang jawa akan mempersilahkan orang lain seperti mempersilahkan duduk, minum, atau makan dengan menunjuk dengan ibu jari sambil mengucapkan kata “monggo”.

Sejak saat itu nama produk coklat yang dihasilkan perusahaan itu adalah coklat monggo / chocolate monggo yang sekarang telah meluas daerah pasarnya sampai keluar jawa.

Mengunjungi Showroom dan Pabrik Pembuatan Cokelat Monggo

Memang sekarang ini coklat monggo sudah banyak beredar di toko toko di Jogja. Terus kenapa harus ke showroomnya? Karena  sebelum membeli coklat monggo, kita bisa mencicipi rasa coklat yang diproduksi disana. Selain itu kita juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan coklat disana dari balik kaca display.

Tips untuk mengunjungi showroom 1 coklat monggo ini adalah jangan datang pada hari pasaran legi (pasaran pada kalender jawa) karena Pasar yang berada dekat dengan showroom itu akan sangat rame dan macet. Untuk melihat proses produksi coklat ini, ada baiknya datang pada pagi hari. Pabrik Coklat Monggo ini buka setiap hari dari jam 9:00 sampai jam 17:00 WIB.  Hari minggu, dapur coklat ini tutup jam 12.00 siang.

Ada beberapa varian rasa coklat yang diproduksi pabrik itu seperti : Praliné – Krim Kacang Mete, Caramello – Krim Karamel, Dark – 58% kakao, Stroberi, Durian, White Chocolate, Mangga, Marzipan, Jahe, Red Chili dan lain lain yang tersedia dalam berbagai bentuk , ukuran dan kemasan seperti bars, tablet dan kemasan khusus. Kemasan yang digunakan merupakan kertas daur ulang yang akan menimimalisir penggunaan plastik dan ramah lingkungan

Alamat cokelat Monggo

Showroom 1

Jl. Dalem KG III/978 RT 043/RW 010 Kel. Purbayan Kotagede 55173
Yogyakarta – Indonesia
Web: www.chocolatemonggo.com
telepon: +62 274 7102202
fax: +62 274 373192
twitter: @cokelatmonggo

Showroom 2

Jl.Tirtodipuran No.10, Kel.Mantrijeron, Kec.Mantrijeron

Foto Coklat Monggo

peta coklat monggo

peta coklat monggo

 

gerbang coklat monggomonggo coklatshowroom monggo pabrik monggocoklat monggo dalam bentuk barscoklat monggo dalam bentuk tablet

sumber gambar : sittirasuna.com dan web cokelat monggo

Author: 

Suka dengan Teknologi, BLog | Mahasiswa Tugas Belajar di salah satu Sekolah Kedinasan Yogyakarta | Pengayuh Sepeda

Related Posts