Bledug Kuwu : wisata lumpur di Purwodadi

bledug-kuwuKoordinat : 7⁰ 05 ’ 26.00” LS   110⁰ 28 ’ 22.00” BT
Pernahkah kalian mendengar nama Bledug Kuwu?. Bledug Kuwu adalah saudara kecilnya lumpur Sidoarjo. Jika lumpur Sidoarjo adalah  bencana, Bledug Kuwu merupakan sebuah tempat wisata yang berada di desa Kuwu Kecamatan Keradenan Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Dapat ditempuh   kurang lebih 30 km ke arah timur dari Purwodadi. Bledug Kuwu berasal dari kata bledug (bahasa jawa = mbledug) yang artinya meledak / ledakan dan ‘kuwu‘ yang diserap dari kata ’kuwur‘ yang berarti ‘lari / kabur / berhamburan‘.

lokasi bledug kuwu

Obyek yang menarik dari Bledug ini adalah adanya letupan lumpur yang mengandung
garam dan berlangsung terus menerus. Saat pertama kali kita memasuki obyek wisata bledug kuwu ini, kita akan melihat sebuah hamparan lumpur yang sudah mengering tandus dan diareal itu terdapat lumpur yang masih basah. Dan setiap beberapa menit sekali muncul sebuah letupan lumpur di tengah – tengah lumpur itu. kadang letupan lumpur itu disertai sebuah dentuman suara dan luapan asap putih. Letupan itu juga kadang memuncratkan lumpur sampai setinggi  5-10 meter.

proses-bledug-kuwu

Areal Kubangan lubang bledug kuwu berdi ameter +- 650 meter yang menyemburkan lumpur di lahan tanah sekitar 45 hektar ini menarik pengunjung yang tertarik melihat fenomena alam ini ataupun peneliti yang ingin meneliti sebuah keajaiban alam ini.  Dan adanya bledug kuwu itu juga disertai dengan cerita/ legenda yang beredar di masyarakat. Menurut cerita Bledug Kuwu terjadi karena adanya lubang yang menghubungkan tempat itu dengan Laut Selatan (Samudera Hindia). Konon lubang itu adalah jalan pulang Joko Linglung dari Laut Selatan menuju kerajaan Medang Kamulan setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang telah berubah menjadi buaya putih di Laut Selatan. Joko Linglung konon bisa membuat lubang tersebut karena dia bisa menjelma menjadi ular naga yang merupakan syarat agar dia diakui sebagai anaknya Raden Aji Saka. Cerita tersebut bisa anda baca di buku yang dijual di sekitar tempat wisata itu.

Selain menikmati fenomena alam ini, kita juga bisa membeli garam yang dihasilkan dari air asin yang muncul dari bledug kuwu yang dibuat oleh masyrakat sekitar. So wisata alam yang ditawarkan bledug kuwu menjadikan kita kenal dan memahami fenomena alam yang  ada di Indonesia. Untuk itu tak ada salahnya jika ajak keluarga tercinta dan turut serta mengembangkan potensi wisata Indonesia.

Beberapa foto & video yang diambil dari internet:

paling banyak dicari disini:
  • bledug kuwu
  • bleduk kuwu
  • wisata Di purwodadi
  • pariwisata purwodadi jawa tengah