Daftar Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya

Tempat wisata di Solo banyak sekali. Solo, merupakan salah satu kota di Jawa tengah yang memliki banyak tempat wisata khususnya wisata sejarah. Banyak wisatawan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia yang mengunjungi kota Solo. Mereka biasanya berlibur ke yogyakarta dan melanjutkan ke beberapa kota lain seperti Solo, Semarang dan sekitarnya. Jarak antara Yogyakarta dan Solo yang hanya satu setengah jam perjalanan membuat wisatawan memilih Solo. Destinasi wisata yang ada di Solo yang terkenal yaitu Keraton Surakarta, Keraton Mangkunegaran dan beberapa tempat lainnya.

tempat-wisata-di-Solo

Kota yang pernah dipimpin oleh gubernur Jakarta sekarang ini, Jokowi memiliki bis tingkat yang memang khusus digunakan unutk berkeliling kota. Nama bis ini adalah bis Werkudara. Selain itu juga terdapat tempat yang dijadikan sebagai Citywalk yang berarti kendaraan bermotor tidak boleh lewat. seperti di Jalan Slamet Riyadi, Jalan Perintis Kemerdekaan. Apa saja tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II ini teletak di dekat alun alun Surakarta. Keraton ini buka setiap hari untuk umum. Di halaman area keraton yang berpasir dan ternyata pasir tersebut diambil dari laut selatan. Didalam terdapat sebuah museum tempat menyimpan barang barang peninggalan sejarah yang menceritakan sejarah kota Solo seperti kereta kuda, pakaian raja raja terdahulu, dan peralatan perang. Kita bisa menjelajahi keraton Solo ini menggunakan guide atapun dengan berjalan sendiri.

2. Pura Mangkunegaran 

Tempat adalah sebagai kediaman Sri Paduka  Mangkunagara yang didirikan tahun 1757. Bentuk pura Mangkunegaran ini layaknya keraton, namu dengan ukuran yang lebih kecil. Bangunan ini terbuat dari kayu jati utuh. Di tempat ini kita bisa melihat berbagai koleksi sejarah seperi peralatan tari, wayang, gamelan dan barang barang bersejarah lainnya.

Selain 2 tempat diatas ada beberapa tempat wisata sejarah lain seperti :

3. Candi Sukuh

4. Candi Cetho

5. Museum manusia Purba yang ada di Sangiran Sragen

6. Museum Batik Kuno Danar Hadi

7. Museum Pers

Tempat Wisata Alam di Solo

  1. Sungai Bengawan Solo
  2. Air terjun Grojogan Sewu
  3. Air Terjun Segoro Gunung
  4. Air Terjun Parang Ijo
  5. Pegunungan Tawang Mangu
  6. Gunung Kemukus Yang ada di Sragen
  7. Waduk Gajah Mungkur
  8. SSB (Solo Selo Borobudur)
  9. Sondokoro
  10. Taman BalekambangTaman yang terletak di belakang Stadion Manahan Solo ini menawarkan suasana yang sejuk karena kita duduk ditemani rindangnya pepehonan dan terdapat juga kolam ikan dan kandang rusa. untuk dapat menikmati taman ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis, tapi pada saat event event tertentu akan dikenakan biaya masuk

Tempat Wisata Belanja di Solo

  1. Solo Square (Mal di Solo)
  2. Pasar Tradisional Klewer – Tempat beli batik murah
  3. Pasar Triwindu (Pasar Barang Antik)
  4. Kampung Batik Laweyan
  5. Pasar Klitikhan Notoharjo.
  6. Pasar Keris dan Cenderamata Alun-Alun Utara Kraton Solo.

Untuk kuliner di Solo kita bisa mencoba makanan khas kota tersebut yaitu

  1. Nasi Timlo
  2. HIK (Semacam warung angkringan di Jogja)
  3. Tengkleng
  4. Serabi Notosuman (walaupun sudah banyak cabang diluar kota)
  5. Nasi Liwet yang berada di sepanjang Jl Slamet Riyadi
  6. Sate buntel (daging kambing cincang yang dilapisi usus sapi / lemak dan dibakar)
  7. Sate kere (Sate yang terbuat dari tempe gembos)
  8. Susu Sapi Murni

Selain tempat wisata diatas kita bisa mencoba menaiki bisa tingkat seperti di luar negeri untk berkeliling Jalan Kota Solo dan tiap tahun sekali kita bisa melihat parade kostum batik yang diadakan di salah satu jalan yang dinamakan Solo Batik Carnival. Selain SBC, Di Solo juga diadakan acara Sekaten. Sekaten merupaan acara yang bertepatan dengan maulud  Nabi Muhammad SAW. Salah satu dari acara Sekaten adalah terdapatnya pasar malam  Sekaten. adanya wahana hiburan seperti ombak banyu dan berbagai lapak yang menjual berbagai mainan dan souvenir ada dalam pasar malam ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Untuk itu rencanakan perjalanan anda ke Solo dengan tips berburu tiket murah dan tips mengatasi mabuk perjalanan. Jangan Lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen bersama keluarga tercinta. Selamat berlibur.

paling banyak dicari disini:
  • wisata solo
  • tempat wisata di solo
  • tempat wisata solo
  • wisata di solo
  • wisata kota solo