Beberapa makanan yang mengandung kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Mulai dari bayi hingga manula sangat membutuhkan kalsium. Kalsium berperan besar dalam pertumbuhan tulang pada manusia. Salah satu makanan yang mengandung kalsium adalah susu. Sebenarnya masih banyak makanan yang mengandung kalsium yang harganya lebih murah daripada susu. Susu dinegara kita, masih dianggap barang mahal yang hanya dikonsumsi oleh beberapa orang saja. Untuk itu ada baiknya kita tahu bebearpa makanan yang mengandung kalsium selain susu:

  1. Kedelai. Bahan ini sangat mudah dijumpai dipasar dan di toko. Baik yang sudah diolah seperti tempe, tahu, susu kedelai maupun yang masih mentah.

  2. Sayuran Berdaun Hijau Gelap.  Belum banyak yang tahu bahwa sayuran berdaun hijau gelap seperti selada air dan juga kangkung menjadi alternatif sumber kalsium non-susu yang baik. Namun, harap diperhatikan bahwa daun bayam yang juga termasuk dalam sayuran hijau berdaun gelap ini mengandung asam oksalat yang membuat kalsium yang terkandung didalamnya tidak bisa diserap oleh tubuh manusia.

  3. Ikan lele. Ikan lele merupakan ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Dan kita patut bersyukur karena ikan lele ini merupakan sumber kalsium non susu yang berharga murah dan enak. Ikan lele mengandung vitamin D dan juga kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan memperkokoh tulang. Dalam setiap 100 gram daging ikan lele terk
    andung sebanyak 15 mg kalsium yang sangat berperan untuk menguatkan tulang.

  4. Brokoli. Kandungan kalsiumnya cukup tinggi karena hampir setara dengan kalsium pada segelas susu.Selain itu, ada banyak k
    andungan lainnya di dalam brokoli, seperti sumber vitamin C, serat, dan juga nutrisi yang mengandung sifat untuk melawan kanker.

  5. Biji Wijen. Satu ons biji wijen diperkaya dengan 280mg kalsium, jumlahnya hampir sama dengan satu gelas susu.

  6. Jeruk. Ternyata selain mengandung vitamin C, jeruk juga mengandung 60 mg kalsium.

  7. Yoghurt. Alternatif jika kalian tidak suka susu adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt mengandung jumlah kalsium yang lebih banyak dibandingkan susu.

  8. Lobak. Satu cangkir lobak rebus setara dengan sekitar 200 mg kalsium.

  9. Almond. Almond memiliki jumlah kalsium yang tinggi dalam setiap porsi
    nya. Anda juga bisa mendapatkan manfaat kalsium yang sama dari mentega almond. Selain itu, almond juga mengandung kolesterol dan lemak yang rendah serta memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan selai kacang.

paling banyak dicari disini:
  • lele mengandung kalsium